Senin, 18 April 2011

Ilmu Salam

Ilmu SALAM

Dalam bermuamalah, manusia tidak terlepas dari perilaku saling membalas, baik membalas kebaikan maupun membalas keburukan…
Salam yang disampaikan sesama kita seperti anjuran Kanjeng Nabi Muhammad saw pada dasarnya mengajarkan kepada kita beberapa ilmu berkaitan dengan bersosialisasi…
Simak Ilmu Salam yang dahsyat berikut…

1. Dalam Salam diajarkan untuk menghormati orang lain

Yang muda mendahului memberi salam kepada yang tua, yang lewat kepada yang duduk dan yang berjumlah sedikit kepada yang banyak. (HR. Bukhari)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Seorang pengendara hendaknya mengucapkan salam kepada pejalan kaki dan pejalan kaki mengucapkan salam kepada orang yang duduk dan jamaah yang beranggota lebih sedikit mengucapkan salam kepada jamaah yang beranggota lebih banyak. (Shahih Muslim No.4019)

Hadis riwayat Anas bin Malik ra.:
Rasulullah saw. pernah melewati anak-anak lalu beliau mengucapkan salam kepada mereka. (Shahih Muslim No.4031)

2. Dalam Salam diajarkan untuk mendahului berbuat kebaikan

Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda: Tidak halal seorang muslim mendiamkan (tidak mau menyapa) saudaranya lebih dari tiga malam di mana keduanya bertemu lalu yang ini berpaling dan yang itu berpaling. Yang terbaik di antara keduanya ialah orang yang memulai mengucapkan salam. (Shahih Muslim No.4643)

3. Dalam Salam diajarkan adanya kewajiban membalas kebaikan

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa) 1. Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.” (Sr An Nisaa 4: 86)
(1 Penghormatan dalam Islam ialah dengan mengucapkan Assalamu'alaikum, lihat Sr Yunus 10: 10; Sr Ibrahim 14: 23; dan Sr 33 Al Ahzab 44)

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Ada lima kewajiban bagi seorang muslim terhadap saudaranya yang muslim; menjawab salam, mendoakan orang yang bersin, memenuhi undangan, menjenguk orang sakit dan mengiring jenazah. (Shahih Muslim No.4022).

Walaupun kebaikan itu dilakukan oleh non muslim,

Hadis riwayat Anas bin Malik ra.:
Rasulullah saw. bersabda: Apabila Ahli Kitab mengucapkan salam kepadamu, maka jawablah: Wa`alaikum. (Shahih Muslim No.4024)

4. Dalam ajaran Salam dianjurkan untuk menambah balasan atas kebaikan orang lain

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.” (Sr An Nisaa 4: 86)

5. Dalam Ilmu Salam diajarkan untuk membalas kejahatan secara setimpal atau memaafkan

Hadis riwayat Ibnu Umar ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya orang Yahudi itu bila mengucapkan salam kepada kalian mereka mengucapkan: "Assaamu `alaikum" (kematian atas kalian), maka jawablah dengan: "Wa`alaka" (semoga menipa kamu). (Shahih Muslim No.4026)

Hadis riwayat Aisyah ra.:
Sekelompok orang Yahudi meminta izin untuk menemui Rasulullah saw. lalu mereka mengucapkan: "Assaamu `alaikum" (kematian atas kalian). Aisyah menyahut: "Bal `alaikumus saam" (sebaliknya semoga kalianlah yang mendapatkan kematian). Rasulullah saw. menegur: Hai Aisyah, Sesungguhnya Allah menyukai keramahan dalam segala hal. Aisyah berkata: Tidakkah engkau mendengar apa yang mereka ucapkan? Rasulullah saw. bersabda: Aku telah menjawab: "Wa `alakum" (semoga menimpa kalian). (Shahih Muslim No.4027)

Kanjeng Nabi Muhammad saw tidak menanggapi ejekan bangsa Yahudi, namun Aisyah ra merasa perlu untuk membalas, maka Beliau saw mengajarkan cara membalas kejahatan…

“Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim. (Sr Asy Syuura 42: 40)

Betapa dahsyat Ilmu Salam yang diajarkan Kanjeng Nabi saw untuk mewujudkan keindahan dalam bersosialisasi… bandingkan dengan hal-hal anarkis yang sering kita lakukan…

Allahumma shalli ‘ala sayyidina wa maulana Muhammad wa ‘ala ali sayyidina wa maulana Muhammad…